%0 Generic %A EVA MARIYATI, 1413021025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:57630 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gading Rejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019) %U http://digilib.unila.ac.id/57630/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gading Rejo semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 218 siswa yang terdistribusi ke dalam tujuh kelas yaitu kelas VIII1 - VIII7. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilihlah kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan the static-group pretest-posttest design. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U dan uji proporsi. Hasil uji proporsi menunjukkan bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti problem based learning sama dengan 60%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa model problem based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa namun dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, problem based learning