title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 25 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017) creator: Hadi Rudiya, 1313021035 subject: 340 Ilmu hukum description: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembela- jaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sembilan kelas dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-H dan VIII-I yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah pre- test-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis berbentuk essay dan skala self confidence. Pengujian hipotesis menggunakan uji t’dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, representasi matematis, self confi- dence publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57633/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57633/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57633/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Hadi Rudiya, 1313021035 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 25 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/57633/