@misc{eprints57642, title = {EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)}, author = {1513021077 IRMA AGNESIA TAMBUNAN}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57642/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII\_G dan VII\_H yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan untuk kemampuan berpikir kritis siswa adalah pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian dengan materi segiempat dan segitiga. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa model discovery learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa, namun discovery learning lebih baik untuk diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa daripada model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Efektivitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Discovery Learning } }