?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=20220331&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+BERBASIS+PROYEK+DALAM%0D%0APENDEKATAN+JELAJAH+ALAM+SEKITAR+(JAS)+TERHADAP+SIKAP%0D%0APEDULI+LINGKUNGAN+DAN+HASIL+BELAJAR+PESERTA+DIDIK%0D%0AKELAS+X+SMA+NEGERI+1+PADANGCERMIN+MATERI+POKOK%0D%0A%0D%0AEKOSISTEM&rft.creator=MOH+TITO+FARFUQI%2C+20220331&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Pembelajaran+biologi+dapat+dikembangkan+melalui+pendekatan+dan+penggunaan%0D%0Amodel+pembelajaran.+Melalui+model+pembelajaran+berbasis+proyek+dalam%0D%0Apendekatan+jelajah+alam+sekitar%2C+peserta+didik+dapat+meningkatkan+kemampuan%0D%0Aafektif+dan+kognitif.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+signifikansi%0D%0Apengaruh+dari+penggunaan+model+pembelajaran+berbasis+proyek+dalam+pendekatan%0D%0Ajelajah+alam+sekitar+terhadap+sikap+peduli+lingkungan+dan+hasil+belajar+peserta%0D%0Adidik+kelas+X+SMA+Negeri+1+Padangcermin+materi+pokok+ekosistem.%0D%0A%0D%0APopulasi+penelitian+ini+adalah+seluruh+peserta+didik+kelas+X+IPA+SMA+Negeri+1%0D%0APadang+Cermin+dengan+jumlah+148+peserta+didik.+Sampel+dicuplik+dari+populasi%0D%0Adengan+teknik+cluster+random+sampling+berjumlah+65+peserta+didik+yang+berasal%0D%0Adari+2+kelas.+Penelitian+eksperimen+semu+ini+menggunakan+desain+pretes-postes%0D%0Akelompok+non-ekuivalen.+Terdapat+dua+kelompok+yang+digunakan%2C+yaitu%0D%0A%0D%0Aiii%0D%0A%0D%0Akelompok+eksperimen+dan+kelompok+kontrol.+Pada+kelompok+eksperimen+diberi%0D%0Aperlakuan+dengan+menerapkan+model+pembelajaran+berbasis+proyek+dalam%0D%0Apendekatan+jelajah+alam+sekitar%2C+sementara+pada+kelompok+kontrol+pembelajaran%0D%0Amenggunakan+model+konvensional+yaitu+pembelajaran+diskoveri.+Data+penelitian%0D%0Aini+yaitu+nilai+sikap+peduli+lingkungan+yang+dikumpulkan+melalui+kuesioner+dan%0D%0Adata+hasil+belajar+melalui+pemberian+pretes-postes.+Kedua+data+dianalisis%0D%0Amenggunakan+independent+sample+t-test+pada+taraf+nyata+5%25.+Sebelum+data%0D%0Adianalisis+menggunakan+Independent+sample+t-test%2C+dilakukan+uji+prasyarat+yaitu%0D%0Auji+normalitas+dan+uji+homogenitas.%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat+pengaruh+yang+signifikan+dari%0D%0Apenggunaan+model+pembelajaran+berbasis+proyek+dalam+pendekatan+jelajah+alam%0D%0Asekitar+terhadap+sikap+peduli+lingkungan+dan+hasil+belajar+peserta+didik.+Rerata%0D%0Apeningkatan+sikap+peduli+lingkungan+peserta+didik+pada+kelas+eksperimen+lebih%0D%0Atinggi+32%2C55%25+dari+kelas+eksperimen.+Sedangkan%2C+rerata+peningkatan+hasil+belajar%0D%0Apeserta+didik+pada+kelas+kontrol+lebih+tinggi+18%2C96%25+dari+kelas+eksperimen.%0D%0APenerapan+model+pembelajaran+berbasis+proyek+dalam+pendekatan+jelajah+alam%0D%0Asekitar+memiliki+efek+yang+besar+terhadap+sikap+peduli+lingkungan+peserta+didik%0D%0Adengan+hasil+perhitungan+Cohen%E2%80%99s+sebesar1%2C15+sementara+pada+hasil+belajar%0D%0Amemberikan+efek+sedang+dengan+hasil+perhitungan+Cohen%E2%80%99s+sebesar+0%2C53.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+jelajah+alam+sekitar+(JAS)%2C+pembelajaran+berbasis+proyek%2C+sikap%0D%0A%0D%0Apeduli+lingkungan.&rft.publisher=FKIP+&rft.date=2019&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57645%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57645%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57645%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++MOH+TITO+FARFUQI%2C+20220331++(2019)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+BERBASIS+PROYEK+DALAM+PENDEKATAN+JELAJAH+ALAM+SEKITAR+(JAS)+TERHADAP+SIKAP+PEDULI+LINGKUNGAN+DAN+HASIL+BELAJAR+PESERTA+DIDIK+KELAS+X+SMA+NEGERI+1+PADANGCERMIN+MATERI+POKOK+EKOSISTEM.++FKIP+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57645%2F