%0 Generic %A MOH TITO FARFUQI, 20220331 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:57645 %I FKIP %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PADANGCERMIN MATERI POKOK EKOSISTEM %U http://digilib.unila.ac.id/57645/ %X Pembelajaran biologi dapat dikembangkan melalui pendekatan dan penggunaan model pembelajaran. Melalui model pembelajaran berbasis proyek dalam pendekatan jelajah alam sekitar, peserta didik dapat meningkatkan kemampuan afektif dan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dalam pendekatan jelajah alam sekitar terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Padangcermin materi pokok ekosistem. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Padang Cermin dengan jumlah 148 peserta didik. Sampel dicuplik dari populasi dengan teknik cluster random sampling berjumlah 65 peserta didik yang berasal dari 2 kelas. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain pretes-postes kelompok non-ekuivalen. Terdapat dua kelompok yang digunakan, yaitu iii kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dalam pendekatan jelajah alam sekitar, sementara pada kelompok kontrol pembelajaran menggunakan model konvensional yaitu pembelajaran diskoveri. Data penelitian ini yaitu nilai sikap peduli lingkungan yang dikumpulkan melalui kuesioner dan data hasil belajar melalui pemberian pretes-postes. Kedua data dianalisis menggunakan independent sample t-test pada taraf nyata 5%. Sebelum data dianalisis menggunakan Independent sample t-test, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dalam pendekatan jelajah alam sekitar terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar peserta didik. Rerata peningkatan sikap peduli lingkungan peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi 32,55% dari kelas eksperimen. Sedangkan, rerata peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol lebih tinggi 18,96% dari kelas eksperimen. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pendekatan jelajah alam sekitar memiliki efek yang besar terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik dengan hasil perhitungan Cohen’s sebesar1,15 sementara pada hasil belajar memberikan efek sedang dengan hasil perhitungan Cohen’s sebesar 0,53. Kata Kunci: jelajah alam sekitar (JAS), pembelajaran berbasis proyek, sikap peduli lingkungan.