%0 Generic %A NI KETUT HARTINI, 1413024056 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:57653 %I FKIP %T HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN LABUHAN RATU %U http://digilib.unila.ac.id/57653/ %X Penelitian ini bertujuan menentukan perbedaan self-efficacy antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan serta keeratan hubungan antara self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Labuhan Ratu. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP tahun ajaran 2017/2018 di Kecamatan Labuhan Ratu. Pengambilan sampel dilakukan melalui dua tahap, tahap pertama yaitu pengambilan sampel kelas pada tingkat sekolah dengan metode purposive sampling dan tahap kedua yaitu pengambilan sampel siswa pada masing-masing sekolah. Data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dan kualitatif berupa hasil belajar yang meliputi aspek kognitif (data kuantitatif) dan self- efficacy siswa (data kualitatif). Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes dan self-efficacy diperoleh melalui penyebaran lembar skala self-efficacy. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t sampel independen dan uji Pearson Product iii Moment. Hasil uji-t sampel independen menunjukkan adanya perbedaan yang tidak signifikan antara self-efficacy yang dimiliki siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar IPA. Adapun nilai koefisien yang dihasilkan pada uji korelasi mengindikasikan hubungan yang rendah antara self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar IPA Kata kunci: gender, hasil belajar IPA, self-efficacy