TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5766 UR - http://digilib.unila.ac.id/5766/ A1 - Retsi, 1013144017 Y1 - 2014/03/08/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 1 Pakuan Ratu Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pakuan Ratu Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan melalui penerapan model pembelejaran example ? non example. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) merencanakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran example ? non example dapat meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I 58,00 % (kategori sedang), siklus II 80,50 % (kategori tinggi), dan siklus III 89,50 % (kategori tinggi). Rata-rata persentase ketuntasan belajar siswa 21,00% pada siklus I (kategori rendah), ketuntasan belajar siswa 51,50% pada siklus II (kategori sedang), dan ketuntasan belajar siswa 93,94 pada siklus II (kategori sangat tinggi). Kata Kunci: Media, Examples ? Non Examples PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PAKUAN RATU KECAMATAN PAKUAN RATU KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -