%0 Generic %A KARTIKA KURNIAWATI, 1513021013 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:57666 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN SELF EFFICACY SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019) %U http://digilib.unila.ac.id/57666/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir reflektif dan self efficacy siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII I dan VII J yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan untuk kemampuan berpikir reflektif adalah pretest-posttest control group design, sedangkan desain penelitian yang digunakan untuk self efficacy siswa adalah posttest only control group design. Data Penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir reflektif dan skala self efficacy siswa. Dengan menggunakan analisis uji Mann-Whitney U dan uji-t diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis. Akan tetapi, model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak berpengaruh terhadap self efficacy siswa. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Reflektif, Inkuiri Terbimbing, Self Efficacy.