@misc{eprints57667, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA MANBA?UL ULUM SEPUTIH AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2018/2019 }, author = {1513034073 NUR MUTTOHAROH}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57667/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Manba?ul Ulum Seputih Agung Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment menggunakan desain pretest posttest group design. Analisis data yang digunakan yaitu uji Mann Whitney, uji Wilcoson, uji Independent Sample T-Test, uji Paired Sample T-Test, dan uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap aktivitas belajar geografi siswa (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar geografi siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, time token This research aims to determine the influence of time token cooperative learning models on geography learning activities and outcomes of students class X of SMA Manba?ul Ulum Seputih Agung Lampung Tengah. This research is a quasy experiment used pretest posttest group design. The data analysis used are Mann Whitney, Wilcokson, Independent Sample T-Test, Paired Sample T-Test and Effect Size. The results showed that (1) there is an influence of the time token cooperative learning model on the geography learning activities of students (2) there is an influence of the time token cooperative learning model on the geography learning outcomes of students. Key words : learning activity, learning outcomes, time token } }