TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57674 UR - http://digilib.unila.ac.id/57674/ A1 - QIBTIYAH, 1413034050 Y1 - 2019/// N2 - The problem of this research was that the results of students? geographics learning grade XI IPS in preservation of life environment and continual development material grade XI at MA Mathla?ul Anwar Pematang was uncomplete, beside that, the environment around the nature as not used as the learning sources. This research was aimed to know and analyse (1) the difference between the students?geographics learning results which used environment usage nature as the learning sources and the students? geographics learning results which used conventional in preservation of life environment and continual development material grade XI at MA Mathla?ul Anwar Pematang, (2) the usage of the environment usage nature as the learning sources in the students?geographics learning results in preservation of life environment and continual development material grade XI at MA Mathla?ul Anwar Pematang. This research used quasi experiment method. The population of this research was all of the students of XI IPS A class, where the sample classes were XI IPS A as the experimental class and XI IPS B as the control class. Data technique used was t-test and correlation product moment analysis. The results showed that (1) there was a difference between the students? geographics learning results using the environment usage nature as the learning sources and the students? geographics learning results using conventional learned results in preservation of life environment and continual development material grade XI at MA Mathla?ul Anwar Pematang (2) there was an influence of environment usage nature as the learning sources of the students? geographics learning results in preservation of life environment and continual development material grade XI at MA Mathla?ul Anwar Pematang. Keywords: environment, learning results, speech and learned conventional Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di MA Mathla?ul Anwar Pematang sebagian besar tidak tuntas, dan lingkungan alam belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perbedaan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dengan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan kelas XI IPS di MA Mathla?ul Anwar Pematang, (2) pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan kelas XI IPS di MA Mathla?ul Anwar Pematang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS, dengan sampel kelas XI IPS A sebagai kelas eksperimen dan kelas IPS B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis korelasi produk moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan hasil belajar geografi siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di MA Mathla?ul Anwar Pematang. (2) Ada pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di MA Mathla?ul Anwar Pematang. Kata Kunci : lingkungan, hasil belajar, pembelajaran konvensional PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH MATHLA?UL ANWAR PEMATANG DESA TANJUNG AGUNG KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN AV - restricted ER -