%A 15130210 LIA PUTRI NOVITA SARI %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019) %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII I yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes uraian kemampuan komunikasi matematis pada materi aritmatika sosial. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa model problem based learning lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional, namun proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis terkategori baik tidak lebih dari 60% jumlah siswa yang mengikuti model problem based learning. Dengan demikian, model problem based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, problem based learning %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints57680