TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints577 UR - http://digilib.unila.ac.id/577/ A1 - , AMIR TRIYANTO Y1 - 2011/09/23/ N2 - Berdasarkan hasil observasi awal di kelas V SD Negeri 4 Negararatu Kecamatan Sungkai Utara Lampung Utara kualitas aktivitas belajar masih pasif dan hasil belajar sains masih di bawah KKM yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar Sains, melalui penerapan media Information and Communication Technologies (ICT) Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data dalam e-TA ini digunakan dengan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media Information and Communication Technologies (ICT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Hal ini ditunjukan berdasarkan peningkatan rata-rata aktivitas belajar Sains pada siklus I 66,50% menjadi 73,70% pada siklus II dan ketuntasan hasil belajar Sains pada siklus 1 64% menjadi 84% pada akhir siklus II. Kata kunci: Aktivitas dan hasil belajar, media Information and Communication Technologies (ICT) PB - Fakultas KIP TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI MEDIA INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 NEGARARATU KECAMATAN SUNGKAI UTARA LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -