%0 Generic %A MARIA GEGA, 1413021042 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:57700 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN SELF EFFICACY SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019) %U http://digilib.unila.ac.id/57700/ %X Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan self efficacy siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 dengan total 235 siswa dan terdistribusi dalam delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VIII F dan VIII G sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan ialah pretest-posttest control group design. Data kemampuan berpikir reflektif matematis siswa diperoleh melalui tes, sedangkan data self efficacy siswa diperoleh melalui angket self efficacy. Analisis data penelitian yang digunakan adalah uji . Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, tetapi tidak berpengaruh terhadap self efficacy siswa. Kata kunci: Berpikir Reflektif, Problem Based Learning, Self Efficacy.