TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57704 UR - http://digilib.unila.ac.id/57704/ A1 - MARTA AGUSTINA, 1413021043 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model penemuan terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Tri Sukses Natar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 85 peserta didik dan terdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII C yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis yang berbentuk uraian pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model penemuan terbimbing berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci : pemahaman konsep matematis, penemuan terbimbing, pengaruh PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Studi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019) AV - restricted ER -