title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019) creator: MILA SAB’ATI, 1513021035 subject: 340 Ilmu hukum description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 233 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B dan VII D yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan teknik penilaian menggunakan teknik tes yang berbentuk soal uraian. Berdasarkan uji-t dan uji proporsi dengan taraf signifikansi 5%, disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Namun, siswa yang mengikuti pembelajaran discovery memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, model pembelajaran discovery publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57724/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57724/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57724/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: MILA SAB’ATI, 1513021035 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/57724/