TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57724 UR - http://digilib.unila.ac.id/57724/ A1 - MILA SAB?ATI, 1513021035 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 233 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B dan VII D yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan teknik penilaian menggunakan teknik tes yang berbentuk soal uraian. Berdasarkan uji-t dan uji proporsi dengan taraf signifikansi 5%, disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Namun, siswa yang mengikuti pembelajaran discovery memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, model pembelajaran discovery PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019) AV - restricted ER -