@misc{eprints57726, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)}, author = {1513021052 MIRANDA ABUNG}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57726/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VII D yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan untuk kemampuan representasi matematis adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis berupa soal uraian dengan materi statistika. Dengan menggunakan analisis uji t diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: Pengaruh, Kemampuan Representasi Matematis, Think Talk Write. } }