title: PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA creator: NESHA APRILIA PUSPA, 0743021039 subject: 340 Ilmu hukum description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan posttest control designe. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa seluruh siswa kelas VII semester ganjil SMPN 8 Bandar Lampung, dengan dua kelas sebagai sampel penelitian yang menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian berupa tes pemahaman konsep dan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci: pengaruh, pembelajaran kooperatif, pemahaman konsep matematika, STAD publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57734/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57734/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57734/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: NESHA APRILIA PUSPA, 0743021039 (2019) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/57734/