TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57734 UR - http://digilib.unila.ac.id/57734/ A1 - NESHA APRILIA PUSPA, 0743021039 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan posttest control designe. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa seluruh siswa kelas VII semester ganjil SMPN 8 Bandar Lampung, dengan dua kelas sebagai sampel penelitian yang menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian berupa tes pemahaman konsep dan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci: pengaruh, pembelajaran kooperatif, pemahaman konsep matematika, STAD PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA AV - restricted ER -