TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57738 UR - http://digilib.unila.ac.id/57738/ A1 - NOVA PERMATA SUKMA, 1413021051 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII C dan VIII E yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian adalah pretest-posttest control group design. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh informasi bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model guided discovery learning lebih tinggi dari siswa yang mengikuti model non-guided discovery learning. Dengan demikian, model guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, guided discovery learning, kemampuan representasi matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiah 3 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019) AV - restricted ER -