@misc{eprints57780, title = {PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X TKJ DI SMKN 1 TANJUNGSARI}, author = {1513033003 Ila Putri Fadila}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57780/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan membandingkan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran Sejarah kelas X TKJ di SMKN 1 Tanjungsari. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas X TKJ SMKN 1 Tanjungsari. Model pembelajaran Think Talk Write diterapkan pada kelas eksperimen yaitu kelas X TKJ 2 SMKN 1 Tanjungsari dan model pembelajaran Think Pair Share diterapkan pada kelas kontrol yaitu kelas X TKJ 4 SMKN 1 Tanjungsari. Metode yang digunakan dakam peneltian ini adalah Quasi Experimentaldan desain yang dipilih adalah Nonequivalent Control Grub Design. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi dibanding dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Hal ini ditunjukan dengan uji hipotesis posttest menggunakana uji t. Bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah, antara penerapan model pembelajaran Think Talk Write dengan model pembelajaran Think Pair Share. Dengan demikian, siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran Think Talk Write memiliki rata-rata nilai Posttest yang lebih tinggi yaitu 79,583 dibanding siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran Think Pair Shareyang mempunyai rata-rata nilai posttest yaitu 75,208. Kata Kunci :Hasil Belajar, Model Pembelajaran Think Talk Write, Model Pembelajaran Think Pair Share } }