?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBANDINGAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS+(KPS)+DAN+HASIL%0D%0ABELAJAR+ANTARA+PEMBELAJARAN+MENGGUNAKAN+METODE%0D%0AEKSPERIMEN+LABORATORIUM+NYATA+DAN+MAYA%0D%0ATERHADAP+KEMAMPUAN+AWAL+SISWA%0D%0APADA+MATERI+LISTRIK+DINAMIS&rft.creator=Dita+F.+Karlinda%2C+0913022036&rft.subject=+&rft.description=ABSTRAK%0D%0A%0D%0AHasil+observasi+melalui+wawancara+dengan+guru+bidang+studi+Fisika+di+SMA+Negeri+3+Bandar+Lampung+diketahui+bahwa+metode+eksperimen+jarang+dilakukan+karena+kurangnya+alat-alat+praktikum+pada+laboratorium.+Padahal+metode+eksperimen+sangat+dibutuhkan+guna+membudayakan+siswa+berfikir+ilmiah+dan+melatih+keterampilan+proses+sains+(KPS)+siswa.+Mengingat+penggunaan+TIK+sedang+banyak+digunakan+di+sekolah-sekolah+memungkinkan+siswa+dapat+melakukan+eksperimen+secara+maya+dengan+menggunakan+simulasi+pada+komputer.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+perbedaan+skor+KPS+dan+hasil+belajar+yang+disebabkan+oleh+penggunaan+metode+eksperimen+serta+untuk+mengetahui+interaksi+penggunaan+metode+eksperimen+dan+kemampuan+awal+jika+dilihat+dari+perolehan+skor+KPS+dan+hasil+belajar+siswa.+KPS+yang+di+amati+meliputi%3B+keterampilan+mengamati%2Cmerumuskan+hipotesis%2C+merancang+percobaan%2C+melakukan+percobaan%2Cmenginterprestasikan+data%2C+menerapkan+konsep%2C+dan+berkomunikasi.+Hasil+belajar+diperoleh+dari+nilai+tes+hasil+belajar+di+akhir%0D%0ADita+F+Karlinda%0D%0Aiii%0D%0Apembelajaran+dan+kemampuan+awal+dikelompokan+berdasarkan+nilai+tes+kemampuan+awal+mengenai+meteri+prasyarat+sebelum+memulai+materi+pokok.+Desain+penelitian+menggunakan+desain+factorial.+Pengujian+hipotesis+menggunakan+uji+variasi+univariate.+Perolehan+skor+KPS+kelas+eksperimen+di+laboratorium+maya+sebesar+18%2C6+dan+hasil+belajar+sebesar+71%2C4.+Sedangkan+skor+KPS+kelas+eksperimen+di+laboratorium+nyata+sebesar+17%2C7+dan+hasil+belajar+sebesar+60%2C2.+Hasil+uji+univariate+juga+menunjukan+tidak+adanya+pengaruh+metode+eksperimen+terhadap+skor+KPS+dan+hasil+belajar+siswa.+Diperoleh+interaksi+yang+signifikan+antara+metode+eksperimen+dan+kemampuan+awal+baik+dilihat+dari+perolehan+skor+KPS+maupun+nilai+hasil+belajar+siswa.%0D%0AKata+kunci%3A+Kemampuan+awal%2C+KPS%2C+hasil+belajar%2C+laboratorium+nyata%2C+dan+maya.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-04-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5779%2F1%2FCOVER%2520DAN%2520BAGIAN%2520DEPAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5779%2F2%2FDaftar%2520isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5779%2F3%2FDaftar%2520Tabel.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5779%2F4%2FDaftar%2520Gambar.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5779%2F5%2FBab%25201.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5779%2F6%2FBab%25202.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5779%2F7%2FBab%25203.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5779%2F8%2FBab%25204.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5779%2F9%2FBab%25205.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5779%2F10%2Fdapus.pdf&rft.identifier=++Dita+F.+Karlinda%2C+0913022036++(2013)+PERBANDINGAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS+(KPS)+DAN+HASIL+BELAJAR+ANTARA+PEMBELAJARAN+MENGGUNAKAN+METODE+EKSPERIMEN+LABORATORIUM+NYATA+DAN+MAYA+TERHADAP+KEMAMPUAN+AWAL+SISWA+PADA+MATERI+LISTRIK+DINAMIS.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5779%2F