@misc{eprints57793, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019)}, author = {1413021054 Raju Parlindungan S.}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57793/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran discovery terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 363 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII F yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest- posttest control group design. Data penelitian berupa skor kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh melalui tes berbentuk uraian pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Hasil analisis data penelitian menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji Tanda Binomial menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran discovery lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional, tetapi persentase siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis terkategori baik tidak lebih dari 60\% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran } }