TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57795 UR - http://digilib.unila.ac.id/57795/ A1 - JONI PRANATA, 1513033006 Y1 - 2019/// N2 - Tinggi rendahnya hasil belajar siswa tidak semata-mata hanya ditentukan oleh usaha siswa itu sendiri, melainkan juga ditentukan oleh penggunaan metode pembelajaran yang tepat oleh guru. Berdasarkan observasi yang dilakukan, diketahui pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah semester genap tahun ajaran 2018/2019 belum memenuhi KKM. Untuk mengatasi permasalahn tersebut, peneliti menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah. Rumusan masalah penelitian ini adalah: ?Apakah terdapat pengaruh yang Signifikan dari metode pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMA Ma?arif NU 05 Purbolinggo?? Tujuan penelitian yaitu menganalisis dan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah melalui penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing siswa kelas XI IPS SMA Ma?arif NU 05 Purbolinggo. Penelitian ini menggunakan metode One Shot Case Study. Teknik analisis data statistik menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan hipotesis kerja (H1) diterima, yakni ?Terdapat pengaruh yang positif dari hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah melalui penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing siswa kelas XI IPS SMA Ma?arif NU 05 Purbolinggo. Berdasarkan nilai t : diketahui nilai T hitung sebesar 16,254 > T tabel 1,994 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Active Knowladge Sharing (X) berpengaruh terhadap varibel hasil belajar siswa (Y). Kata kunci: Pengaruh, Metode Pembelajaran Active Knowledge Sharing, hasil belajar PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA MA?ARIF NU 05 PURBOLINGGO TAHUN AJARAN 2018/2019 AV - restricted ER -