title: EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 5 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019) creator: REZA ADELIA, 1513021046 subject: 340 Ilmu hukum description: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model guided discovery learning ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self confidence siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dan VIII H yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest group design untuk kemampuan berpikir reflektif matematis dan posttest only control group design untuk self confidence siswa. Data penelitian ini berupa data kuantitatif, yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan skala self confidence. Dengan menggunakan uji- dan uji proporsi, diperoleh simpulan bahwa model guided discovery learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis tetapi tidak efektif ditinjau dari self confidence siswa. Kata kunci: Efektivitas, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Model Guided Discovery Learning, Self Confidence publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57831/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57831/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57831/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: REZA ADELIA, 1513021046 (2019) EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 5 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/57831/