title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X1 IPS SMA NEGERI 1 BANGUNREJO TAHUN AJARAN 2017/2018 creator: SITI ROHMATUN NASIKHA, 1413033066 subject: 900 Sejarah dan Geografi description: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dapat menggunakan suatu model pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat digunakan meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Talking Stick. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah lebih baik hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) atau model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bangun Rejo tahun ajaran 2017/2018?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui lebih baik mana hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) atau model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bangun Rejo tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparataif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Posttest Control Design. Populasi berjumlah 126 siswa, dengan sampel penelitian 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu 1) Observasi, 2) Tes, 3) Dokumentasi dan 4) Kepustakaan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa lebih baik hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dari pada model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangun Rejo Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci : perbandingan, numbered head together, talking stick. publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57857/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57857/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57857/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SITI ROHMATUN NASIKHA, 1413033066 (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X1 IPS SMA NEGERI 1 BANGUNREJO TAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/57857/