title: EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Kautsar Bandarlampung semester genap tahun ajaran 2018/2019) creator: RIDWAN SAPUTRA, 1513021018 subject: 340 Ilmu hukum description: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model dis- covery learning untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self efficacy siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al Kautsar Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-G yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan ada- lah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes yang berbentuk soal uraian dengan materi Bangun Ruang Sisi Datar. Analisis data penelitian ini menggunakan uji proporsi dan uji Man Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis namun efektif untuk self efficacy. Meskipun demikian, tahapan pembelajaran pada model discovery learning berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. Kata kunci: efektivitas, discovery learning, representasi matematis, self efficacy publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57859/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57859/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57859/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: RIDWAN SAPUTRA, 1513021018 (2019) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Kautsar Bandarlampung semester genap tahun ajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/57859/