TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5786 UR - http://digilib.unila.ac.id/5786/ A1 - Rika Yulita Sari, 0913022104 Y1 - 2013/// N2 - ABSTRAK Pengelolaan proses pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik merupakan titik awal keberhasilan pembelajaran yang muaranya akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk meningkatkan kualitas berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa, maka perlu untuk mengubah proses belajar mengajar dan merubah komponen-komponen yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif siswa melalui pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan di SMP Wiyatama Bandar Lampung dengan fokus bahasan materi penelitian pada hukum newton. Penelitian ini menggunakan desain tipe One-Shot Case Study. Sampel penelitian ini diambil secara purposive. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal essay. Data hasil penelitian, dianalisis dengan uji normalitas, linearitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Rika Yulita Sari antara kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP melalui pembelajaran TPS. Besarnya persentase pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif adalah 87,4% . Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Fisika, Model Cooperative Learning, Think Pair Share (TPS) PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) AV - restricted ER -