creators_name: Suciana, 1513033058 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-05 03:32:54 lastmod: 2022-04-05 03:32:54 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN ( VCT ) VALUE CLARIFICATION TECHNIQ TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN NASIONALISME SISWA-SISWI KELAS XI IPS 1 MAN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019 ispublished: pub subjects: 900 full_text_status: restricted abstract: Penurunan moral dikalangan peserta didik disinyalir menjadi sebuah masalah yang semakin memprihatinkan.. Salah satu tujuan dari penanaman nilai-nilai untuk meningkatkan nasionalisme pada diri peserta didik, dimana nasionalisme sebagai kemampuan dasar (basic drive) serta daya juang (elan vital) dari sebuah bangsa bernama Indonesia yang sedang diuji fleksibilitasnya. Dari uraian tersebut maka rumusan masalah penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Positif Pendekatan Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatan Pemahaman Nasionalisme Siswa-siswi Kelas XI IPS 1 MAN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019”? Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Pengaruh Pendekatan Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatan Pemahaman Nasionalisme Siswa-siswi Kelas XI IPS 1 MAN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019”. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Kuantitatif, eksperimen melalui pretest-postest dan angket serta penarikan kesimpulan. Hasil yang didapat oleh peneliti yaitu hasil analisis data yaitu, hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana digunakan untuk menguji apakah terdapat pengaruh hasil belajar sebelum dan setelah diberikan perlakuan pembelajaran dapat diketahui bahwa nilai pretest posttest kemampuan pemahaman memiliki nilai Sig.(2-tailed) diatas 0,05 yaitu 0,016 dimana terdapat Pengaruh Positif Pendekatan Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatan Pemahaman Nasionalisme Siswa-siswi Kelas XI IPS 1 MAN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019 Hal tersebut dapat dilihat pada nilai Asymp.Sig. (2- tailed) yang diperoleh  0,05 sehingga H0 ditolak maka H1 diterima. Kata Kunci : Hasil pemahaman siswa, Pembelajaran VCT, Pengaruh date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Suciana, 1513033058 (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN ( VCT ) VALUE CLARIFICATION TECHNIQ TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN NASIONALISME SISWA-SISWI KELAS XI IPS 1 MAN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/57861/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/57861/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/57861/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf