@misc{eprints57865, title = {EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)}, author = {1513021039 Rifan Winarto}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57865/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Natar semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 126 siswa yang terdistribusi ke dalam empat kelas. Dari empat kelas tersebut diambil dua kelas secara acak sebagai sampel dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes berbentuk uraian pada materi perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti PBL lebih tinggi daripada peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, tetapi proporsi siswa yang memiliki pemahaman konsep matematis terkategori baik tidak lebih dari 60\% banyaknya siswa yang mengikuti PBL. Dengan demikian, PBL tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: problem based learning, efektivitas, pemahaman konsep matematis } }