@misc{eprints57868, title = {EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tumijajar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019)}, author = {1413021062 RIFATUR ROFIKA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57868/}, abstract = {Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas cooperative learning tipe think pair share (TPS) ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Tumijajar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-C yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian ini adalah data kuantitatif berupa nilai pemahaman konsep matematis siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes pemahaman konsep matematis siswa berbentuk uraian pada materi persamaan garis lurus. Analisis data yang digunakan adalah uji dan uji proporsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TPS lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TTW dan proporsi siswa yang memiliki pemahaman konsep matematis terkategori baik tidak lebih dari 60\% dari jumlah siswa yang mengikuti TPS. Dengan demikian, pembelajaran TPS tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pembelajaran TPS, efektivitas } }