?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW+(SQ3R)+TERHADAP+KETERAMPILAN+SISWA+MENYIMPULKAN+MATERI+PELAJARAN+SEJARAH+TENTANG+KERAJAAN-KERAJAAN+ISLAM+DI+INDONESIA+KELAS+X%0D%0ASMA+YP+UNILA+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014&rft.creator=Meggi+Trihandini%2C+1013033013&rft.subject=+&rft.description=%0D%0AABSTRAK%0D%0ADalam+proses+belajar+mengajar+saat+ini%2C+guru+masih+mendominasi+dalam+pembelajaran+dikelas+membuat+kebebasan+siswa+berkurang+untuk+mengembangkan+potensi+dirinya%2C+membatasi+dan+menekan+aktivitas+siswa.+Oleh+karena+itu%2C+guru+perlu+menerapkan+model+Survey%2C+Question%2C+Read%2C+Recite%2C+Review+(SQ3R)+yang+berpusat+kepada+siswa+yang+memfasilitasi+siswa+aktif+dalam+proses+pembelajaran+untuk+mengembangkan+potensi+dirinya%2C+menempatkan+siswa+sebagai+subjek+yang+bertanggungjawab+atas+proses+pembelajaran.+Siswa+sebagai+pelaku+proses+pembelajaran+mengamati+isi+bacaan%2C+membuat+pertanyaan%2C+membaca%2C+mengutarakan+isi+bacaan+dan+mengevaluasi+isi+bacaan.%0D%0ARumusan+masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+%E2%80%9CApakah+ada+pengaruh+yang+signifikan+dan+sejauhmana+signifikan+pengaruh+model+Survey%2C+Question%2C+Read%2C+Recite%2C+Review+SQ3R+terhadap+keterampilan+siswa+menyimpulkan+materi+pelajaran+sejarah+tentang+kerajaan-kerajaan+Islam+di+Indonesia+kelas+X+SMA+Yayasan+Pembina+Unila+tahun+pelajaran+2013%2F2014%3F%E2%80%9D.+Metode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+metode+pra-eksperimen.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+apakah+ada+pengaruh+yang+signifikan+dan+sejauhmana+pengaruh+yang+signifikan+pada+model+Survey%2C+Question%2C+Read%2C+Recite%2C+Review+SQ3R+terhadap+keterampilan+siswa+menyimpulkan+materi+pelajaran+sejarah+tentang+kerajaan-kerajaan+Islam+di+Indonesia+kelas+X+SMA+Yayasan+Pembina+Unila+tahun+pelajaran+2013%2F2014%3F.%0D%0APopulasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+X+ISOS+SMA+YP+Unila+tahun+pelajaran+2013%2F2014+yang+berjumlah+157+orang.+Sampel+diambil+menggunakan+teknik+Sampling+Purposive+dengan+pertimbangan+nilai+mid+semester+siswa+dan+terpilih+kelas+X+ISOS+1+yang+berjumlah+38+orang+siswa.+Penelitian+ini+menggunakan+teknik+analisis+data+kuantitatif.+Desain+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+one-shot+case+study.%0D%0ASetelah+siswa+diberikan+pembelajaran+model+Survey%2C+Question%2C+Read%2C+Recite%2C+Review+SQ3R+yang+diakhiri+posttest+dalam+pembelajaran%2C+didapatkan+hasil+posttest+kedua+lebih+tinggi+yaitu+2670+dari+pada+posttest+pertama+yaitu+2610.+Setelah+dilakukan+analisis+data+berdasarkan+hasil+uji+t+menggunakan+SPSS+16+diperoleh+thitung+sebesar+13%2C023+%3E+ttabel+sebesar+2%2C024+dan+probabilitas+(sig.)+ternyata+0%2C000+%3C+0%2C05+hal+ini+berarti+H0+ditolak+dan+H1+diterima+yang+menyatakan+bahwa+ada+pengaruh+yang+signifikan+dalam+penggunaan+model+Survey%2C+Question%2C+Read%2C+Recite%2C+Review+(SQ3R)+terhadap+keterampilan+siswa+menyimpulkan+mata+pelajaran+sejarah+tentang+kerajaan-kerajaan+Islam+di+Indonesia+kelas+X+SMA+Yayasan+Pembina+Unila+tahun+pelajaran+2013%2F2014.%0D%0ABerdasarkan+hasil+uji+regresi+menggunakan+SPSS+16+diperoleh+taraf+signifikan+dalam+kolom+R+yaitu+0%2C908+dengan+kadar+determinasi+atau+seberapa+besar+pengaruhnya+dalam+kolom+Adjusted+Square+adalah+0%2C820+sehingga+dapat+disimpulkan+bahwa+dari+tabel+taraf+signifikasi+termasuk+kategori+sangat+kuat%2C+hal+ini+berarti+H0+ditolak+dan+H1+diterima+yang+menyatakan+taraf+signifikan+dari+pengaruh+penggunaan+model+Survey%2C+Question%2C+Read%2C+Recite%2C+Review+(SQ3R)+sangat+kuat+terhadap+keterampilan+siswa+menyimpulkan+mata+pelajaran+sejarah+tentang+kerajaan-kerajaan+Islam+di+Indonesia+kelas+X+SMA+Yayasan+Pembina+Unila+tahun+pelajaran+2013%2F2014.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2014-11-20&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F12%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F111%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Meggi+Trihandini%2C+1013033013++(2014)+PENGARUH+MODEL+SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW+(SQ3R)+TERHADAP+KETERAMPILAN+SISWA+MENYIMPULKAN+MATERI+PELAJARAN+SEJARAH+TENTANG+KERAJAAN-KERAJAAN+ISLAM+DI+INDONESIA+KELAS+X+SMA+YP+UNILA+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5787%2F