%0 Generic %A Soirwan, 0913022108 %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:5789 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD %U http://digilib.unila.ac.id/5789/ %X ABSTRAK Guru mata pelajaran fisika sudah menggunakan pembelajaran kooperatif pada materi yang pembelajarannya berkelompok. Namun, penguasaan konsep fisika siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran kooperatif masih belum maksimal. Sehingga penguasaan konsep pun masih tergolong rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD.Penelitian ini dilaksanakan di kelasIXbSMP Negeri5 Bandar Lampung yang berjumlah 35siswa pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013dengan sub materi Kemagnetan.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara purposive sampling. Desain penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh data kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep yang kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linear dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua data Soirwan iii berdistribusi normal dan linear. Selanjutnya untuk menguji pengaruh dilakukan dengan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 17.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kemampuan berpikir Kritis terhadap penguasaan konsep siswa pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 24% yang merupakan nilai koefisien determinasi dengan nilai koefisien sebesar 0,49 yang termasuk dalam kategori sedang dan persamaan regresi Y= 50,35 + 0,49X dimana konstanta a dan b merupakan koefisien yang signifikan. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, pembelajaran kooperatiftipe STAD, penguasaan konsep.