%A 1343021017 Rizkana Fitri %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII F dan VII G yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian menggunakan uji dan uji proporsi dengan ? = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran koopeatif tipe Think Pair Share efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa. Kata kunci: Think Pair Share, pemahaman konsep matematis, self confidence. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints57901