@misc{eprints57922, title = {ANALISIS KESESUAIAN GURU GEOGRAFI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN STANDAR PROSES PADA SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018/2019}, author = {1513034029 ULFA MILA SARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57922/}, abstract = {This study aims to examine the suitability of geography teachers in implementing 2013 curriculum geography learning at high schools in Bandar Lampung City. This type of research is descriptive research. The population in this study were 66 geography teachers at Public and Private High Schools in Bandar Lampung City, and the sample of this study was taken by purposive sampling technique carried out on 6 high school geography teachers in Bandar Lampung City. Data collection techniques using interview and documentation and data analysis techniques used are descriptive percentages. The results of this study indicate that the suitability of geography teachers in implementing learning based on Minister of Education and Culture No. 22 of 2016 concerning Education Process Standards is included in the appropriate category. All indicators of the implementation of learning carried out by geography teachers fall into the appropriate category. This means that geography teachers at Public and Private High Schools in Bandar Lampung City have been able to carry out learning based on process standards. Keywords: Geography Learning, Learning implementation, Process Standard Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesesuaian guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran geografi kurikulum 2013 pada SMA Di Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 66 guru geografi pada SMA Negeri dan Swasta di Kota Bandar Lampung, dan sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling dilakukan pada 6 orang guru geografi SMA di Kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan termasuk dalam kategori sesuai. Semua indikator pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru geografi termasuk dalam kategori sesuai. Hal ini berarti guru geografi pada SMA Negeri dan Swasta di Kota Bandar Lampung sudah mampu melaksanakan pembelajaran berdasarkan standar proses. Kata Kunci: Pembelajaran Geografi, Pelaksanaan Pembelajaran, Standar Proses} }