title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MEMANFAATKAN EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019) creator: Santi Mulya Ningsih, 1413021067 subject: 370 Pendidikan subject: 510 Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning yang memanfaatkan edutainment terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel panelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebanyak 31 siswa dan X IPA 2 sebanyak 32 siswa, yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian menggunakan uji Mann-Whitney U dengan = 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas problem based learning yang memanfaatkan edutainment lebih tinggi daripada siswa pada kelas problem based learning. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa model problem based learning yang memanfaatkan edutainment berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Edutainment, Komunikasi Matematis. publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57923/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57923/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57923/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Santi Mulya Ningsih, 1413021067 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG MEMANFAATKAN EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/57923/