TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57945 UR - http://digilib.unila.ac.id/57945/ A1 - AQWAMU RIZAL, 1413022005 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh diskusi online di luar jam pembelajaran tatap muka menggunakan whatsapp terhadap pemahaman konsep siswa pada materi listrik dinamis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan tipe pretes-postest control grup design. Data yang didapat kemudian diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan independent sampel t-test. Hasil uji beda N-gain menunjukan sig. (2-tailed) dengan nilai kurang dari 0,05 yaitu 0,004, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pemberian tugas diskusi online di luar jam pembelajaran tatapmuka terhadap pemahaman konsep siswa. Berdasarkan nilai rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen 0,42 yang lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,32, maka diskusi online ini dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi listrik dinamis. Kata kunci : Diskusi online, pemahaman konsep, listrik dinamis, whatsapp PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH DISKUSI ONLINE MENGGUNAKAN WHATSAPP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -