@misc{eprints5795, title = {KEMAMPUAN SISWA MENARI BEDANA MELALUI METODE LATIHAN DI SMP NEGERI 2 SEPUTIH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013}, author = {0913043010 Dian Yulianawati}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5795/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa menari Bedana melalui metode latihan kelas VIII A di SMP Negeri 2 Seputih Mataram. Bedasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menari Bedana melalui metode latihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan dan kepustakaan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penilitilian ini adalah observasi, wawancara, dan tes kemampuan. Pengamatan yang dilakukan peneliti adalah pengamatan terhadap aktivitas siswa dan pengamatan terhadap hasil pembelajaran. Adapun instrumen yang digunakan dalam penilaian tari Bedana adalah indikator wiraga (sub indikator teknik gerak dan hapalan), wirama sub indikator ketepatan tempo dan iringan gerak),dan wirasa (ekspresi wajah). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan siswa menari Bedana melalui metode latihan termasuk dalam kategori cukup. Hal itu dikarenakan masih terdapat 3-4 kesalahan yang dilakukan oleh siswa, baik dari aspek wiraga, wirama, dan wirasa. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa secara keseluruhan adalah 69. Pada indikator wiraga diperoleh nilai 72, pada indikator wirama diperoleh nilai rata-rata 69, dan pada indikator wirasa diperoleh nilai rata-rata 63. ABSTRACT The problem of this research was how is the students? ability in dancing Bedana through classroom exercise at the grade of VIII A of SMP Negeri 2 Seputih Mataram. Related to that problem, this research was aimed to describe the students? ability in dancing Bedana through exercise method. The method of he research was field study and book. The approach of the research was descriptive qualitative. The sources of the data were the 36 students of grade VIII A. the technique of the research was observation, interview, and test of students? ability. The observation that was done by the researcher was the observation of students? activity and students? learning achievement. The research instrument that was used in scoring the students? Bedana dance were wiraga indicator (technique and memorizing sub indicator), wirama indictor (tempo accuracy and movement sequence sub indicator) and wirasa (face expression). The result of this research shows that the students? ability in dancing Bedana through exercise method categorized as sufficient. It was concluded as sufficient since there were 3-4 faults that done student of wiraga, wirama, and wirasa aspects. The students? average score was 69. The average score of wiraga indicator was 72, while the average score of wirama indicator was 69 and the wirasa indicator average score was 63.} }