title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019) creator: Kartika Dwi Handayani, 1513021083 subject: 340 Ilmu hukum description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi ke dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII H yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian dengan materi bangun ruang sisi datar. Analisis uji hipotesis menggunakan Uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model problem based learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Pengaruh, Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57950/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57950/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/57950/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Kartika Dwi Handayani, 1513021083 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/57950/