@misc{eprints57952, title = {PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Tahun Pelajaran 2018/2019)}, author = {1513021029 DESI SETIASARI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57952/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 160 siswa yang terdistribusi dalam lima kelas, mulai dari VII-1 hingga VII-5. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih siswa pada kelas VII-4 dan VII-5 sebagai sampel. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti discovery learning sama dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa discovery learning tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Pengaruh, Discovery Learning} }