%A 1513024004 WULAN APRILIA UTAMI %T PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK EKOSISTEM %X Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan Literasi Sains peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 35 Bandar Lampung pada pembelajaran IPA Biologi materi ekosistem. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII C yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini kuasi eksperimen dengan Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa nilai kemampuan literasi sains peserta didik yang diperoleh dari hasil pretes dan postes. Sementara, data kualitatif berupa hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Discovery Learning. Kemudian dianalisis secara statistik dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5% menggunakan bantuan program SPSS 17.0. Data kualitatif menggunakan data tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains dengan nilai iii signifikansi 0,00 (p < 0,05). Hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran ekosistem dengan model Discovery Learning memiliki persentase persentase rata-rata 81,9. Kata Kunci: Discovery Learning, Ekosistem, Kemampuan Literasi Sains %D 2019 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1513024004 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints57959