TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57963 UR - http://digilib.unila.ac.id/57963/ A1 - YESI SUSANTI, 1513024022 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran guided inquiry dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest postest non equivalent control group design. Sampel penelitian kelas X MIA 1 dan X MIA 3 SMA Negeri 1 Jati Agung Lampung Selatan. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Data keterampilan proses sains diperoleh dari nilai tes serta lembar observasi dan data hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai tes yang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,62) dibanding kelompok kontrol (0,47) dengan hasil observasi keterampilan proses sains kelompok eksperimen tergolong sangat baik (96,64) dan kelompok kontrol tergolong baik (83,89). Selain itu, iii pengunaan model guided inquiry juga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif secara signifikan dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,65) dibanding kelompok kontrol (0,40) dengan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran kelompok eksperimen sangat baik (97,22%). Kata kunci: keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif, guided Inquiry PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -