@misc{eprints57967, title = {PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL ARGUMENT- DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII DI BANDAR LAMPUNG}, author = {1313024093 YULIA ARTANTI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57967/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik buku penuntun praktikum makhluk hidup dan lingkungan dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk siswa SMP kelas VII, kondisi optimum alat dan bahan, prosedur praktikum, hasil validasi ahli dan praktisi, uji keterbacaan, dan uji keterlaksanaan. Penelitian dan pengembangan produk ini menggunakan model 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) yaitu define, design, develope, dan disseminate. Akan tetapi, penelitian dilakukan sampai tahap develope. Prosedur kerja diawali tahap define dengan melakukan analisis kebutuhan yang terdiri dari analisis ujung depan, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran. Selanjutnya tahap design dilakukan inventarisasi dan penyusunan isi penuntun praktikum. Sedangkan tahap develop berupa telaah oleh ahli dan praktisi, uji coba kepada siswa dan penyusunan draft produk. Penelitian ini menggunakan empat macam data, yaitu: (1) hasil validasi penuntun praktikum, (2) hasil angket respon guru dan siswa, (3) optimasi penuntun praktikum, (4) hasil observasi keterlaksanaan penuntun praktikum. Instrumen pengambilan data iii berupa instrumen validasi, angket keterbacaan siswa, hasil optimasi, dan lembar observasi keterlaksanaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Karakteristik menggunakan model ADI khususnya LKP meliputi identitas siswa, judul praktikum, dasar teori, tujuan, pertanyaan, alat dan bahan, langkah kerja, argumentasi pada papan tulis (claim, data, warrant, dan backing), sesi argumentasi dan laporan. Hasil validasi ahli memiliki persentase rata-rata 87\% dan validasi praktisi memiliki persentase 94\% dengan kriteria ?Baik Sekali?. Hasil uji keterbacaan terhadap buku penuntun praktikum oleh siswa memiliki persentase rata-rata 96\% dengan kriteria ?Baik Sekali?. Hasil optimasi untuk masing-masing percobaan memperoleh skor 3 dan 4. Keterlaksanaan praktikum pengaruh lingkungan terhadap populasi burung kuntul dan pengaruh hilangnya salah satu komponen ekosistem terhadap jaring-jaring makanan mendapat persentase rata-rata 92\% dengan kriteria ?Hampir Seluruh Kegiatan Terlaksana?, sedangkan pola interaksi yang terbentuk pada protozoa ordo Hypermastigina yang tinggal di usus rayap memperoleh persentase rata-rata 93\% dengan kriteria ?Hampir Seluruh Kegiatan Terlaksana?. Kata Kunci : Argument-Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, interaksi, lingkungan, makhluk hidup, pengembangan} }