TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints57970 UR - http://digilib.unila.ac.id/57970/ A1 - YULIA UJI TABA, 1513024001 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII pada materi pokok ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan pretest posttest non equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIG sebagai kelas Eksperimen dan VIIH sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa literasi sains peserta didik yang diperoleh dari skor pretest dan posttest dianalisis secara statistik dengan uji independent sample t-test dan data kualitatif berupa hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model discovery learning dianalisis secara deskriptif. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,00 (p)<0,05) yang berarti bahwa model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap iii kemampuan literasi sains. Selain itu, hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap penerapan model discovery learning memiliki kriteria tanggapan yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok ekosistem. Kata Kunci : discovery learning, ekosistem, kemampuan literasi sains PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK EKOSISTEM AV - restricted ER -