?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1713023052&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PEMBELAJARAN+KIMIA+BERBASIS+ISU+SOSIOSAINIFIK%0D%0ADALAM+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+LITERASI+KIMIA%0D%0ADAN+MOTIVASI+BELAJAR+PESERTA+DIDIK%0D%0ADI+MASA+PANDEMI+COVID-19&rft.creator=RENNY+APRINA%2C+1713023052&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+pengaruh+pembelajaran+kimia+berbasis+isu+sosiosaintifik+dalam+meningkatkan+kemampuan+literasi+kimia+dan++motivasi+belajar+peserta+didik+pada+materi+larutan+penyangga+di+masa+pandemi+%0D%0ACovid-19.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+peserta+didik+kelas+XI+MIPA+SMAS+Al-Azhar+3+Bandar+Lampung.+Sampel+dalam+penelitian+ini+yaitu+kelas+XI+MIPA+3+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+XI+MIPA+6+sebagai+kelas+kontrol.+%0D%0APengambilan+sampel+dilakukan+dengan+menggunakan+teknik+cluster+random+sampling.+Pada+penelitian+ini+digunakan+metode+kuasi+eksperimen+dengan+desain+pretest-postest+control+group.+Pengaruh+pembelajaran+isu+sosiosaintifik+dianalisis+%0D%0Amenggunakan+uji+perbedaan+dua+rata-rata+dan+uji+effect+size+terhadap+kemampuan+literasi+kimia+dan+motivasi+belajar.+Hasil+uji+perbedaan+dua+rata-rata+menggunakan+independent+sample+t-test+menunjukkan+rata-rata+nilai+n-Gain+kemampuan+literasi+kimia+dan+motivasi+belajar+peserta+didik+di+kelas+eksperimen+yang+menggunakan+pembelajaran+berbasis+isu+sosiosaintifik+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+rata-rata+nilai+n-Gain+kemampuan+literasi+kimia+dan+motivasi+belajar+peserta+didik+di+kelas+kontrol+tanpa+menggunakan+pembelajaran+berbasis+isu+sosiosaintifik.+Hasil+effect+size+yang+diperoleh+pada+kemampuan+literasi+kimia+sebesar+0%2C943+dengan+kriteria+%E2%80%9Cbesar%E2%80%9D+dan+effect+size+pada+motivasi+belajar+peserta+didik+sebesar+0%2C89+dengan+kriteria+%E2%80%9Cbesar%E2%80%9D.+Pembelajaran+kimia+berbasis+isu+sosiosaintifik+berpengaruh+besar+dalam+meningkatkan+kemampuan+literasi+kimia+dan+motivasi+belajar+peserta+didik+pada+materi+larutan+penyangga.+%0D%0A%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+isu+sosiosaintifik%2C+kemampuan+literasi+kimia%2C+motivasi+belajar%2C+%0D%0Alarutan+penyangga%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2022-02-03&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57980%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57980%2F2%2F2.%2520FILE%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57980%2F3%2F3.%2520FILE%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++RENNY+APRINA%2C+1713023052++(2022)+PENGARUH+PEMBELAJARAN+KIMIA+BERBASIS+ISU+SOSIOSAINIFIK+DALAM+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+LITERASI+KIMIA+DAN+MOTIVASI+BELAJAR+PESERTA+DIDIK+DI+MASA+PANDEMI+COVID-19.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F57980%2F