creators_name: ALMAIDAH BALQIST, 1413024003 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-11 09:35:38 lastmod: 2022-04-11 09:35:38 metadata_visibility: show title: PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan model Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest- posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dengan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIG dan VIIH yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan nilai peserta didik. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data keterampilan kolaborasi diperoleh melalui observasi keterampilan kolaborasi sedangkan data keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh dari skor pretest dan posttest. Data keterampilan kolaborasi dianalisis secara deskriptif dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dianalisis dengan uji Independent Sample t- Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan kolaborasi kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dan indikator paling PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK iii tinggi pada keterampilan kolaborasi adalah kemampuan kerjasama dengan kriteria sangat baik. Keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas ekperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,343 0,138) sedangkan pada kelas kontrol sebesar (0,200 0,117) kedua kelas tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik secara signifikan. Kata kunci : discovery Learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi, date: 2019 date_type: published publisher: FKIP place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1413024003 citation: ALMAIDAH BALQIST, 1413024003 (2019) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/57996/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/57996/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/57996/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf