@misc{eprints57998, title = {PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN KAYANG BAGI ANAK SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH}, author = {1413051076 Septo Randika}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/57998/}, abstract = {Many things affect children mastering the skill of motion, especially the basic motion of Dexterity (artistic gymnastics) at low grade elementary school levels (grades 1.2 and 3). This is due to the difficulty level of the movement, such as mental factors namely courage, despair, and hesitationTo help the child be able to do the moves that are considered difficult, then through the model of the given learning is expected to achieve better results. The goal to achieve this research and development is to produce a Kayang training model for low-grade elementary school students The research uses the Research \& Development (R\&D) method of (Borg and Gall,1983:775). The subjects in this study were early childhood who attended the IDOL gymnastics workshop. Test product effectiveness is based on the assessment of gymnastics experts, learning, and linguists. The value obtained is 82.4 which is declared valid and eligible for use. Based on development results can be concluded: The product produced from this research and development is a Kayang practice handbook for Early Childhood. Keywords: exercises, kayang, model Banyak hal yang mempengaruhi anak-anak menguasai keterampilan gerak, terutama gerak dasar ketangkasan (senam artistik) contohnya seperti gerak kayang pada tingkat sekolah dasar kelas rendah (kelas 1, 2 dan 3). Hal ini disebabkan oleh tingkat kesulitan gerakan tersebut, seperti keseimbangan, kelentukan, kekuatan, dan keordinasi serta keberanian. Untuk membantu agar anak mampu melakukan gerak kayang yang dianggap sulit tersebut maka melalui model pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat mencapai hasil yang lebih baik. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu model latihan kayang bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research \& Development (R\&D) (Borg and gall, 1983:775). Subyek dalam penelitian ini adalah anak sekolah dasar. Hasil menunjukan bahwa produk ini cukup efektif hal ini dibuktikan oleh nilai yang diberikan oleh validator dengan nilai rata-rata 82,4 berdasarkan penilaian dari masing-masing validator yang berupa validator ahli senam, ahli pembelajaran, dan ahli bahasa bahwa penelitian ini sangat tepat untuk mengembangkan gerakan kayang bagi anak sekolah dasar. Kata kunci : kayang, latihan, model} }