TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints58 UR - http://digilib.unila.ac.id/58/ A1 - Mujiono, INES FEBRIANTI Y1 - 2013/12/23/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk me-ngetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangunrejo tahun pelajaran 2012/2013. MMP merupakan suatu model pem-belajaran yang didesain untuk membiasakan siswa terhadap latihan-latihan agar membantu siswa lebih mudah memahami materi, yang terdiri dari lima langkah, yaitu review, pengembangan, latihan terkontrol, seatwork, dan penugasan. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bangunrejo tahun pelajaran 20112/2013 sebanyak 183 siswa yang terdistribusi dalam lima kelas, sedangkan sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran MMP berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangunrejo tahun pelajaran 2012/2013 pada materi bangun ruang. Kata kunci : missouri mathematics project, pemahaman konsep matematis. PB - Fakultas MIPA TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bangunrejo Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -