title: PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII creator: ADITYA SANDI WIJAYA, 1513024044 subject: 570 Biologi description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) metode pencatatan mind mapping terhadap penguasaan konsep, (2) gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) terhadap penguasaan konsep, (3) interaksi antara metode pencatatan mind mapping dan gaya belajar terhadap penguasaanan konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dalam penelitian kuasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII SMPN 14 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pencatatan mind mapping terhadap penguasaan konsep, (2) tidak terdapat pengaruh dari gaya belajar terhadap penguasaan konsep, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode pencatatan mind mapping dan gaya belajar terhadap penguasaan konsep. Kata kunci: mind mapping, gaya belajar, penguasaan konsep peserta didik publisher: FKIP date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58027/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58027/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/58027/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: ADITYA SANDI WIJAYA, 1513024044 (2019) PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/58027/