%0 Generic %A ADITYA SANDI WIJAYA, 1513024044 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:58027 %I FKIP %T PENGARUH MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII %U http://digilib.unila.ac.id/58027/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) metode pencatatan mind mapping terhadap penguasaan konsep, (2) gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) terhadap penguasaan konsep, (3) interaksi antara metode pencatatan mind mapping dan gaya belajar terhadap penguasaanan konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dalam penelitian kuasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII SMPN 14 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pencatatan mind mapping terhadap penguasaan konsep, (2) tidak terdapat pengaruh dari gaya belajar terhadap penguasaan konsep, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode pencatatan mind mapping dan gaya belajar terhadap penguasaan konsep. Kata kunci: mind mapping, gaya belajar, penguasaan konsep peserta didik